KEPEMIMPINAN BANI UMAYYAH?


Sepeninggal Khalifah Ali bin Abi Thalib, estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh Bani Umayah. Di bawah kekuasaan Bani Umayyah. kekhalifahan Islam berkembang dengan pesat. Di arah Barat, umat muslim menguasai daerah di Afrika Utara sampai ke Spanyol. di arah Timur, mereka menguasai daerah Iran bahkan samapi ke India. hal ini membuat Kekhalifahan Islam menjadi salah satu diantara sedikit kekaisaran besar dalam sejarah.

Meskipun begitu, Bani Umayah tidak sepenuhnya didukung oleh umat Islam. sebagian lainnya lebih mendukung Ibnu Zubair dan sebagian lainnya mendukung Bani Hasyim dan Pendukung Ali. Akibatnya, timbul beberapa pemberontakkan selama masa kepemimpinan bani Umayyah.

Pada akhir kekuasaannya, Bani Hasyim dan pendukung Ali bersatu untuk meruntuhkan kekuasaan Umayyah. Hal itu terjadi pada tahun 750 M. Meskipun demikian para pendukung Ali lagi-lagi harus menelan kekecewaan. sebabnya, ketika Umayyah runtuh, pemimpin kekhalifahan selanjutnya dipegang oleh Bani Abbasiyah ayng merupakan keturunan Abbas bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad Saw, bukan keturunan Ali. akibat tragedi ini komunitas muslim akhirnya terpecah menjadi komunitas Syiah dan Sunni.

(sumber: The Amazing Islamic Legacy, loc.cit)

About dedy sani

Lahir di BALAPULANG (1976), sebuah desa di Kabupaten TEGAL, mengenyam pendidikan dasar di Balapulang dan Kota Slawi, pendidikan sarjana (ekonomi) di UII-JOGJA dan pasca sarjana (kebijakan publik) di UI-JAKARTA. Saat ini bersama keluarga tinggal di MEDANG LESTARI, Tangerang.. inspirasi: "Sebaik-baik manusia adalah yang BERMANFAAT bagi sesama"

Posted on October 13, 2012, in sejarah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment